Susu Bisa Bermanfaat Netralkan Racun. Mitos atau Fakta?

Bagi sebagian orang, diyakini bahwa susu menetralisir racun. Kerabat apapun diracuni, susu selalu merupakan obat pertama yang diberikan kepada korban. Benarkah susu bisa menetralkan toksin?

Ariani Dedi Widodo mengakui bahwa susu sangat bermanfaat untuk membantu korban keracunan. Namun, susu tidak secara khusus menetralisir racun.

Susu, kata Ariani, berfungsi sebagai pengenceran atau pengencer. "Bila orang beracun memberi air dalam jumlah banyak, volume toksinnya berkurang," kata caraku hidup sehat Ariani, Senin (14/8).

Kedua, susu meliputi saluran pencernaan dan tidak menyebabkan penyempitan gastrointestinal. Susu juga berfungsi untuk berkumur. Laktosa, nutrisi penting dalam susu, sangat dicerna di perut. Saat seseorang minum banyak susu, laktosa cepat hilang dan toksin terbuang bersamaan dengan laktosa.

Namun, Ariani mengatakan, apakah susu untuk korban keracunan tersebut bukanlah terapi rujukan. Pemerahan ini hanya sebagai pertolongan pertama korban. Selain itu, korban harus mendapatkan perawatan medis untuk memastikan racunnya habis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bingung Pembagian Porsi Makan Saat Puasa? Ini Jawabannya

Bahaya Lainnya Dari Paparan Asap Rokok