Ingin Terhindar Dari Jerawat? Konsumsi 7 Makanan Ini

Memiliki kulit yang bersih dan sehat adalah sesuatu yang selalu didambakan oleh banyak orang. Sayangnya, entah karena stres, kelelahan atau perubahan cuaca, kulit bisa keluar. Untungnya, ada beberapa makanan terbukti yang mencegah wabah jerawat. Penasaran apa cara meninggikan badan Teruslah membaca untuk mencari tahu.

Makanan untuk mencegah jerawat

Menambahkan salah satu dari beberapa makanan di bawah ini untuk diet Anda dapat membantu membersihkan kulit eksternal dan internal serta produk pembersih kulit.

1. Alpukat

Alpukat adalah sejenis buah yang sangat dihargai karena nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Diketahui bahwa buah lezat ini kaya akan vitamin E yang bisa meningkatkan kelembaban dan elastisitas kulit, membuatnya awet muda.

Tak hanya itu, alpukat juga merupakan sumber vitamin C yang baik untuk mengurangi radang kulit dan merupakan pelembab alami bagi kulit.

2. Kacang-kacangan

Kebanyakan orang yang memiliki jerawat biasanya berhubungan dengan kekurangan mineral seperti seng dan selenium. Nah, Anda bisa mendapatkan asupan mineral dari kacang. Alasannya adalah bahwa kacang-kacangan mengandung selenium, vitamin E, tembaga, magnesium, mangan, potassium, kalsium dan zat besi, semuanya baik untuk kesehatan kulit Anda.

3. Anggur merah

Buah dan biji merah kaya akan zat kimia dan antioksidan yang telah terbukti membantu mengatasi kondisi kulit inflamasi seperti psoriasis dan eksim. Tak hanya itu, diketahui juga bahwa anggur merah membantu mengatasi efek samping dari reaksi alergi kulit.

4. nasi merah

Beras merah kaya akan sumber vitamin B, magnesium, protein dan beberapa antioksidan yang memberi manfaat bagi kesehatan tubuh. Terutama kandungan vitamin B dalam beras merah, yang penting menjaga kulit dan rambut tetap sehat. Makanan dengan vitamin B dapat mengurangi stres kulit dengan membantu mengatur kadar hormon dalam tubuh untuk mencegah timbulnya jerawat.

5. Brokoli

Brokoli adalah pembersih alami yang sempurna untuk kulit. Alasan mengapa brokoli ini dilengkapi dengan vitamin A, B, C, E dan K yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa antioksidan yang terkandung dalam brokoli akan membantu melawan kerusakan kulit dan akan membuat kulit Anda lebih bercahaya.

6. Ikan

Kebanyakan orang Indonesia lebih suka makan daging dan ayam dibandingkan dengan ikan sebagai asupan proteinnya. Padahal, nutrisi pada ikan sangat tinggi sehingga mereka menawarkan manfaat kesehatan yang tidak dapat diragukan, bahkan untuk kesehatan kulit.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi ikan biru seperti salmon, tuna, sarden dan mackerel memiliki kulit yang terlindungi dari jerawat.

Ini karena ikan merupakan sumber utama asam lemak seperti omega-3 dan omega-6, yang secara alami mampu membantu meringankan peradangan yang memicu penyumbatan sel pori dan menyebabkan jerawat.

7. Bawang putih

Selain manfaat lari pagi menjadi manjur sebagai juru masak rempah, bawang putih juga ampuh untuk menghindari beberapa jenis penyakit. Selama ini manfaat baik bawang putih yang terkenal untuk kesehatan jantung. Ternyata, manfaat bawang putih jangan sampai sampai kesana. Karena diketahui juga bahwa bawang putih itu baik untuk kulit. Ini karena bawang putih adalah sejenis "makanan super" yang membantu melawan peradangan.

Bawang putih mengandung zat kimia alami yang disebut allicin. Senyawa allicin aktif yang ditemukan pada bawang putih memiliki fungsi antiviral, antimikroba dan antijamur yang mencegah jerawat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Susu Bisa Bermanfaat Netralkan Racun. Mitos atau Fakta?

Bingung Pembagian Porsi Makan Saat Puasa? Ini Jawabannya

Bahaya Lainnya Dari Paparan Asap Rokok